Senin, 31 Oktober 2016

Perbedaan Pembelajaran yang Mengintegrasikan TIK dan yang Tidak Mengintegrasikan TIK



Perbedaan Pembelajaran yang Mengintegrasikan TIK dan yang Tidak Mengintegrasikan TIK

Materi Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar       : “Benda-benda di Lingkungan Sekitar”

No
Kegiatan Inti A
Kegiatan Inti B
1.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2.
Siswa mengamati gambar dan video tentang aktivitas manusia terhadap lingkungan
Siswa mengamati gambar dan buku tentang aktivitas manusia terhadap lingkungan
3.
Siswa bertanya jawab mengenai gambar dan video tersebut serta isi bacaan tentang aktivitas manusia terhadap lingkungan
Siswa bertanya jawab mengenai gambar dan buku tersebut serta isi bacaan tentang aktivitas manusia terhadap lingkungan
4.
Siswa mendiskusikan dalam kelompok teks bacaan tentang perubahan wujud
Siswa mendiskusikan dalam kelompok teks bacaan tentang perubahan wujud
5.
Siswa menyusun laporan dalam bentuk tabel mengeni perubaan alam yang diakibatkan oleh manusia dengan menggunakan MS Word
Siswa menyusun laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam yang diakibatkan oleh manusia dengan menggunakan kertas folio
6.
Salah satu siswa perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi dengan memanfaatkan pengolahan dta (MS Word)
Salah satu siswa perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
7.
Siswa lain menanggapi dan memberikan masukan
Siswa lain menanggapi dan memberikan masukan
8.
Siswa mengumpulkan hasil laporan dikirim melalui e-mail kepada guru kelasnya
Siwa mengumpulkan hasil laporan ditulis pada kertas folio kemudian dikumpukan kepada guru kelasnya

Langkah – langkah :
1. Guru membagi sisa menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 5-6 siswa tiap kelompok
2. Siswa mengamati gambar dan vidio tentang aktifitas manusia terhadap lingkungan
3. Siswa bertanya jawab mengenai gambar dan vidio tentang aktivitas manusia terhadap lingkungan serta isi teks bacaan tentang aktivitas manusia terhadap lingkungan
·         Mendengarkan jawaban siswa tentang isi cerita.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·         Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·         Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·         Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.
4. Siswa secara berkelompok mendiskusikan pertanyaan yang diberikan oleh guru maupun pertanyaan dari temannya.
5. Siswa mengidentifikasi teks bacaan tentang perubahan wujud.
6. Siswa mencoba menyusun laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam yang diakibatkan oleh manusia.
7. Siswa mengemukakan hasil laporan yang telah didiskusikan secara kelompok mengenai perubahan alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan manusia.

Topik
Tujuan
Aktifitas Pembelajaran dan TIK yang Digunakan
Benda – benda di Lingkungan       sekitar
Siswa akan mampu:
Ø  Menjelaskan teori tentang aktifitas manusia terhadap lingkungan
Ø  Mengidentifikasi teks bacaan tentang perubahan wujud.
Ø Siswa menonton video pembelajaran tentang aktifitas manusia terhadap lingkungan.
Ø Disediakan buku tentang aktifitas manusia terhadap lingkungan, siswa secara kelompok mengidentifikasi tentang perubahan wujud
Ø Setiap kelompok menuiskan laporannya dengan menggunakan pengolahan kata (misal MS Word)
Ø Setiap kelompok mengumpulkan hasilnya via e-mail kepada guru kelasnya
Ø Setiap kelompok menyajikan dan mendiskusikannya di depan kelas dengan memanfaatkan pengolahan kata (MS Word)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar